
Running : () (Online Training, )
PENGANTAR
Ilmu administrasi perkantoran rangkaian aktivitas merencanakan, mengorganisasikan, mengarahkan, mengawasi, dan mengendalikan hingga menyelenggarakan secara tertib pekerjaan administrasi perkantoran (Quible, 2001) untuk menunjang pencapaian tujuan organisasi.
Pengelolaan kantor yang baik dan modern (sesuai tuntutan zaman) akan berdampak pada efisiensi dan efektivitas Instansi Pemerintah maupun perusahaan secara keseluruhan, karena kantor merupakan pusat sistem administrasi. Maka dari itu, personil yang terlibat dalam kegiatan kantor harus memiliki pengetahuan yang memadai dan terbaru mengenai administrasi perkantoran. Pengetahuan tersebut diantaranya adalah tentang pengelolaan informasi (pengumpulan, pencatatan, penggandaan, pendistribusian, serta penyimpan data dan informasi) dan pelayanan tata usaha. Pelatihan ini dirancang agar personil yang berhubungan dengan pekerjaan di atas mampu meningkatkan profesionalitas kerja guna mengantisipasi dan menyesuaikan diri dengan globalisasi yang penuh dengan tuntutan.
TUJUAN
Setelah mengikuti training ini, diharapkan peserta dapat memahami :
- Memahami paradigma baru dalam manajemen perkantoran, prinsip-prinsip dan cara-cara mengelola aktivitas administrasi perkantoran yang baik dengan memanfaatkan teknologi informasi.
- Memahami cara-cara mengelola waktu yang efektif dalam melakukan aktivitas administrasi perkantoran.
- Memahami pentingnya Standard Operation Procedure (SOP) untuk kelancaran aktifitas kantor
MATERI TRAINING
1. Paradigma dan Filosofi Administrasi Perkantoran Modern
- Pengertian, ruang lingkup, tujuan, dan karakteristik administrasi perkantoran modern
- Azas-azas dan struktur manajemen perkantoran
- Pengertian, tujuan, azas dan jenis tata ruang kantor
- Penyusunan tata letak fasilitas kantor
- Tata lingkungan kantor
- Prinsip 5R dalam tata ruang kantor
- Pengertian, ciri, fungsi, dan jenis surat
- Langkah-langkah penyusunan surat (format, bahasa, dll)
- Mengendalikan surat masuk dan surat keluar
5. Penyusunan Standar Operating Procedure (SOP)
- Pengertian dan pentingnya SOP
- Prinsip-prinsip dan teknik penyusunan SOP
- Pengertian inventarisasi
- Pelaksanaan inventarisasi
- Mutasi barang
- Pemberian label dan kode barang
- Penghapusan barang
- Nilai waktu dan pentingnya pengelolaan waktu yang efektif
- Teknik manajemen waktu : skala prioritas, delegasi, dan asertif
- Identifikasi penyebab waktu terbuang percuma dan antisipasinya
- Mengelola rapat secara efektif dan membuat notulen yang baik
- Makna dan dampak otomatisasi dalam administrasi perkantoran
- Aplikasi otomatisasi dalam administrasi perkantoran
- Teknologi Informasi dalam Administrasi Perkantoran
- Sistem Arsip Elektronik
- Manajemen basis data
- LAN, intranet, dan internet
TRAINER
Tim instruktur/konsultan dari PT Ganesha Inti Persada
FASILITAS
Offline: Sertifkat, Modul, Training Kit, (Tas/Jaket), Lunch & Coffee Break
Online:E-modul Training dan Sertifikat (hard-printed dikirimkan melalui jasa pengiriman)
INVESTASI TRAINING
- Rp. 4.250.000/peserta untuk Offline training (diluar biaya akomodasi penginapan) area Jabotabek dan Bandung
- Rp. 3.500.000/peserta untuk Online training
DURASI TRAINING
2 Hari (Efektif 14 Jam 09.00-16.00)
Informasi (Publik Training, Inhouse Training dan Request Training)
0813-9982-2360(WA)
Oktober
- 8-9 Oktober 2025, Jakarta
- 15-16 Oktober 2025, Bali
- 22-23 Oktober 2025, Surabaya
- 29-30 Oktober 2025, Batam
- 6-7 Novemebr 2025, Yogyakarta
- 13-14 November 2025, Jakarta
- 20-21 November 2025, Bandung
- 27-28 Novemeber 2025, Surabaya
- 3-4 Desember 2025, Medan
- 10-11 Desember 2025, Jakarta
- 17-18 Desember 2025, Bandung
- 22-23 Desember 2025, Surabaya
- 29-30 Desember 2025, Yogyakarta